Kambing siapa?

Salah satu hal menarik, yang saya temui di selama ditempatkan di Bayah ini adalah kambing.<

Kalau di daerah saya, di Jogja, kambing kambing biasanya diperlakukan berbeda. Di Jogja, rata-rata kambing diberi penginapa khusus, yang kita sebut dengan kandang. Di dalam kandangnya, kambing-kambing tersebut, mendapat fasilitas yang cukup nyaman. Jika hujan tidak kebasahan dan jika cuaca panas, tentu tidak kepanasan. Selain itu, mereka juga dilayani dengan diberi makan juga pembersihan kandang.

Lain halnya dengan keadaan kambing di daerah Bayah ini. Sepengamatan saya, kambing-kambing di sini justru dibiarkan berkeliaran di jalan raya. Jika malam sudah tiba, mereka biasanya tidur di teras-teras rumah atau toko. Untuk urusan makan pun, mereka biasa memakan apapun yang mereka temui di jalan, termasuk sampah.

Hal ini memang masih menjadi misteri buat saya, karena ketika dulu saya pernah tinggal di Cilegon, saya juga menyerupai hal yang hampir mirip. Jika di Bayah ini, kambing-kambing di biarkan lepas, di Cilegon, sapi yang dibiarkan berkeliaran.

Tinggalkan komentar